Tugas ISD #8 : Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Kemiskinan

Membaca sekilas judul yang ada diatas, kita akan bertanya-tanya mengenai adakah hubungannya antara ilmu pengetahuan teknologi dengan kemiskinan?
Selama ini ilmu pengetahuan teknologi selalu diasosiasikan dengan semakin meningkatnya kualitas kehidupan manusia. Jadi semakin tingginya perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, maka semakin meningkat juga kualitas kehidupan manusia. Tetapi ibarat dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan bahwa pengaruh dari perkembangan ilmu pengetahuan teknologi selain mempunyai efek positif, dipastikan juga mempunyai efek negatif. Efek positifnya tentunya selain yang telah disebutkan diatas, juga dapat membantu pekerjaan sehari-hari menjadi semakin lebih efektif dan efisien. Dengan demikian perkembangan sebuah ilmu pengetahuan teknologi sangat berpengaruh sekali terhadap kehidupan manusia. Contoh simple yang konkret dari pengaruh positif perkembangan ilmu pengetahuan teknologi terhadap kehidupan manusia adalah adanya internet dimana kegiatan berbelanja yang dulunya sangat-sangat merepotkan menjadi semakin mudah dan simple.

Selain efek positif yang sudah disebutkan diatas, ilmu pengetahuan teknologi juga menyimpan efek negatif terhadap kehidupan manusia. Salah satu efek negatifnya adalah dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi, maka pekerjaan-pekerjaan yang dulunya hanya bisa dilakukan oleh manusia, sekarang bisa dilakukan oleh mesin-mesin robot yang merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan teknologi. Dengan menggunakan mesin-mesin robot, masalah yang dulu timbul ketika menggunakan tenaga manusia bisa sama sekali dihilangkan. Tidak heran jika saat ini banyak sekali pabrik-pabrik yang lebih memilih menggunakan mesin-mesin robot dibandingkan dengan tenaga manusia. Lantas dimana hubungannya dengan kemiskinan?
Ketika mesin-mesin robot lebih banyak digunakan dibandingkan dengan tenaga manusia, maka otomatis lapangan pekerjaan bagi manusia semakin berkurang. Dengan semakin berkurangnya lapangan pekerjaan bagi manusia, maka akan meningkatnya tingkat pengangguran dimana tingkat pengangguran tersebut akan memunculkan masalah kemiskinan.

Mengetahui efek negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan teknologi diatas, menjadi kewajiban bagi kita untuk lebih bisa menyikapi secara bijak. Bukan dengan menolak mentah-mentah terhadap perkembangan ilmu pengetahuan teknologi tetapi dengan menjadikan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi sebagai penunjang pekerjaan manusia. Jadi mesin-mesin robot hanya digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Pekerjaan yang masih bisa dilakukan oleh manusia tetap dikerjakan oleh manusia. Dengan pembagian pekerjaan berdasarkan kriteria tersebut diatas, maka tidak ada lagi ketakutan manusia terhadap perkembangan ilmu pengetahuan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi bisa semakin didorong karena tidak ada penolakan-penolakan yang terjadi. Dengan demikian hubungan antara perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan kehidupan manusia bisa berlangsung harmonis dan dapat saling melengkapi.

Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author

Ruci Antassani