Tugas ISD #4 : Warganegara dan Negara

Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut (sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Negara). Dan syarat utama suatu negara adalah memiliki penduduk/rakyat, memiliki wilayah dan memiliki pemerintahan yang berdaulat.
Warganegara pengertian secara harfiahnya adalah warga/penduduk/anggota dari suatu negara.
Setelah mengetahui pengertian antara negara dan warganegara diatas, tentunya antara negara dan warganegara tidak bisa saling dipisahkan atau berdiri sendiri. Negara tidak bisa disebut negara jika tidak ada warganegaranya, sedangkan warganegara juga tidak bisa disebut warganegara jika tidak ada negaranya. Karena saling keterkaitan diatas, maka antara negara dan warganegara timbul hak dan kewajiban. Negara mempunyai hak dan kewajiban terhadap warganegara, begitu juga sebaliknya warganegara mempunya hak dan kewajiban juga terhadap negara.

Salah satu masalah yang dewasa ini mencuat ke permukaan adalah mengenai kewajiban suatu negara terhadap warganegaranya. Kewajiban negara seperti yang tertuang di dalam konstitusi adalah negara berkewajiban mensejahterakan warganegaranya dimanapun warganegara tersebut berada selama masih di wilayah negara tersebut. Tetapi faktanya hanya segelintir dari warganegara yang bisa menikmati kesejahteraan tersebut, sedangkan yang lainnya masih jauh dari kata sejahtera atau malah bisa dibilang jauh di bawah garis kemiskinan. Padahal bisa jadi di wilayah negara tersebut mengandung sumber daya alam yang sangat melimpah ruah, tetapi karena salah pengelolaan oleh pemerintahan suatu negara maka sumber daya alam yang sangat melimpah ruah tersebut jatuh ke tangan pihak asing dengan harga yang sangat murah. Akibatnya hanya segelintir warganegara yang bisa menikmati hasilnya dan timbulah kesenjangan-kesenjangan diantara warganegara itu sendiri.

Sudah saatnya sebagai warganegara seharusnya berperan aktif dalam memilih pemimpin-pemimpinnya yang nantinya akan duduk di pemerintahan dengan pemimpin yang benar-benar bisa melayani warganegaranya. Bukan pemimpin hanya kelihatan bisa melayani warganegaranya tetapi setelah duduk di pemerintahan hanya bisa melayani kelompok atau golongannya saja tanpa memikirkan kesejahteraan semua warganegaranya. Pemimpin yang sangat amanah dalam melaksanakan konstitusi negara dimana semua sumber daya alam yang dimiliki negara dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan seluruh warganegaranya tanpa pandang bulu. Dengan demikian hubungan timbal balik antara negara dan warganegaranya atau sebaliknya akan lebih baik lagi sehingga tujuan dari suatu negara menjadi negara yang maju dan makmur akan semakin mudah diwujudkan.
Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author

Ruci Antassani