Tugas Pengantar Telematika #3

1. Jelaskan bagaimana proses komunikasi antara user dengan mesin (perangkat telekomunikasi dan computer) sehingga user dapat mengakses layanan telematika!
Jawab:
Menggunakan sebuah user interface atau antarmuka pemakai dimana merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sebuah system. Antarmuka pemakai dapat menerima informasi dari pengguna dan memberikan informasi kepada pengguna untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Macam-macam User Interface User Interface ada dua jenis, yaitu :
1) Graphical User Interface (GUI) : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.
2) Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah
Keunggulan GUI saat ini interface yang banyak digunakan dalam software adalah GUI (Graphical User Interface).
GUI memberikan keuntungan seperti:
1) Mudah dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim.
2) Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi.
3) Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan.

2. Apa fungsi dasar hukum (UU ITE) yang digunakan apabila ada penyalahgunaan dalam layanan telematika, jelaskan!
Jawab:
Untuk menyelesaikan berbagai persoalan seperti penyalahgunaan dalam layanan telematika itu sendiri, selain itu dengan UU ITE diharapkan seluruh persoalan terkini berkaitan dengan aktitivitas di dunia maya dapat diselesaikan. Oleh karena itu UU ITE ini merupakan perlindungan yang diberikan negara kepada seluruh masyarakat Indonesia dalam rangka menjamin kepastian hukum, dimana sebelumnya hal ini  menjadi kerisauan semua pihak, khususnya berkenaan dengan munculnya berbagai kegiatan berbasis elektronik.

3. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan layanan telematika!
Jawab:
Layanan telematika berdampak positif dan negatif, karena semakin mudahnya layanan akses telematika tersebut, banyak yang memanfaatkan celah keamanan di layanan tersebut untuk keperluan pribadi atau kelompok. Menurut saya, faktor – faktor yang menyebabkan layanan telematika adalah :
1) SDM, Sumber Daya Manusia yang memungkinkan untuk mengekploitas layanan telematika tersebut untuk kepentingan pribadi atau kelompok. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, pergaulan, konten yang diakses, keperluan hidup dll.
2) Peranan orang tua, orang tua disini berlaku untuk pengguna dibawah umur atau remaja yang masih dalam pengawasan orang tua dalam mengakses konten digital dari layanan telematika.
3) Adanya kesempatan. Penyalahgunaan layanan telematika tidak mungkin terjadi apabila tidak adanya kesempatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author

Ruci Antassani