Tugas Pengantar Telematika #2


Nama : Ruci Antassani
NPM : 18113119
Kelas : 4KA24

1.     Jelaskan peranan jaringan komputer yang berkaitan dengan bagian telekomunikasi pada layanan telematika!
Jawaban:
Sebelum adanya teknologi wireless, kebutuhan jaringan komputer merupakan kebutuhan yang paling mendasar di dalam layanan telematika. Tanpa adanya jaringan komputer, layanan telematika hanyalah seperti sebuah mimpi yang tidak dapat dinikmati oleh orang di dalam kehidupan nyata. Jaringan komputer lah yang bisa menghubungkan semua orang di dunia ini sehingga bisa menikmati layanan telematika seperti sekarang ini. Saya analogikan sebuah jaringan computer adalah seperti sebuah jaringan jalan raya yang menghubungkan semua kota di sebuah pulau dimana setiap kotanya dikelilingi oleh gunung berapi. Tanpa adanya sebuah jaringan jalan raya yang menghubungkan semua kota tersebut, penduduk di masing-masing kota hanya akan bisa berinteraksi dengan sesama penduduk kota. Dan itulah pentingnya jaringan computer pada layanan telematika.

2.     Sebutkan dan jelaskan aplikasi apa saja yang bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi!
Jawaban:
Yang pasti sangat banyak sekali aplikasi yang bermunculan tetapi disini saya akan focus membahas satu aplikasi yang saya anggap paling memenuhi kebutuhan dasar manusia yaitu berkomunikasi. Aplikasi yang saya maksud adalah aplikasi messenger atau aplikasi bertukar pesan. Dulu sebelum adanya aplikasi-aplikasi messenger, kita sudah terlebih dahulu mengenal layanan email dimana dengan email tersebut kita dapat bertukar pesan dengan orang-orang di seluruh dunia tanpa mengena batasan-batasan wilayah. Seiring perkembangan layanan telematika, layanan email dianggap tidak efektif dan efisien jika hanya bertukar pesan yang sifatnya singkat dan dibutuhkan respon yang cepat. Oleh karena itu muncul lah aplikasi bertukar pesan yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut. Sebutlah ada WhatsApp dan Telegram yang bisa menyediakan layanan tersebut. Dengan WhatsApp dan Telegram, bertukar pesan antar dua orang atau lebih bisa dilakukan secara cepat, efektif dan efisien. Bahkan sekarang WhatsApp dan Telegram sudah support bertukar dokumen, gambar dan video.

3.     Berikan contoh proses yang berkaitan dengan arsitektur client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan telematika!
Jawaban:
Arsitektur Client-Server:
File server adalah sebuah computer terpasang ke jaringan yang memiliki tujuan utama menyediakan lokasi untuk berbagi file, yaitu berbagi penyimpanan file computer (seperti file document, file suara, file foto, file video/film dll) yang dapat di akses oleh workstation yang melekat pada jaringan computer. Sebuah file server biasanya tidak melakukan suatu perhitungan, dan tidak menjalankan program atas nama client. Hal ini dirancang terutama untuk memungkinkan penyimpanan cepat dan pengambilan data dimana perhitungan berat di sediakan oleh workstation. File server biasanya ditemukan di sekolah-sekolah dan kantor-kantor dan jarang terlihat di penyedia layanan internet local dengan menggunakan LAN untuk menghubungkan computer client kita.

Arsitektur Peer-To-Peer:
BitTorrent adalah protocol file sharing peer-to-peer yang tidak lagi menggunakan satu server (atau beberapa server) sebagai sumber downloadnya, melainkan menggunakan komputer pengguna untuk mendownload/mengupload file secara simultan. Jadi jika kita mendownload sebuah file melalui BitTorrent, maka sebenarnya kita mendownloadnya dari berbagai komputer orang lain yang juga tengah (atau sudah) mendownloadnya. Dalam waktu yang bersamaan pula, komputer kita juga menjadi sumber bagi orang lain untuk mendownload file tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author

Ruci Antassani